Berita

Hasil Focus Group Discussion (FGD) Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Muslim Buton

UMU Online– Baubau Tanggal: 30 Juni 2024 Dalam upaya memperkuat kolaborasi Lokal, regional, nasional dan internasional Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Muslim Buton guna meningkatkan kualitas pendidikan, telah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 30 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan lingkup UMU Buton Kepala Lembaga, Dekan dan Ketua Ps, dan dosen.

FGD ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam kerjasama Lokal, regional, nasional dan internasional, serta merumuskan strategi yang efektif untuk memaksimalkan manfaat dari kerjasama tersebut.

Para peserta FGD sepakat bahwa penguatan jaringan kerjasama Lokal, regional, nasional dan internasional sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Lembaga Pemerintah, Lembaga non pemerintah dan antar PT bahkan dengan universitas ternama di luar negeri dapat membuka peluang bagi dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman Lokal, regional, nasional dan internasional yang berharga.

Diskusi juga menyoroti pentingnya pengembangan kurikulum bersama baik PT dalam negeri maupun universitas mitra internasional nanti. Kurikulum yang dikembangkan bersama dapat memastikan bahwa lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional dan siap bersaing di pasar global.

Peserta FGD mengidentifikasi beberapa kendala dalam membangun Kerjasama Lokal, regional, nasional dan mobilitas internasional, seperti tindak lanjut MoU dalam bentuk MoA. Oleh karena itu, universitas diharapkan dapat bekerja sama dengan lembaga terkait untuk mengatasi kendala-kendala ini.

Kolaborasi penelitian Lokal, regional, nasional dan internasional juga menjadi fokus utama dalam FGD ini. Dosen dan peneliti didorong untuk aktif mencari peluang kolaborasi penelitian dengan institusi Lokal, regional, nasional dan internasional. Selain itu, universitas diharapkan dapat menyediakan dukungan yang diperlukan untuk memfasilitasi kolaborasi tersebut, termasuk akses ke sumber daya penelitian.

Sebagai langkah tindak lanjut dari FGD ini, Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Muslim Buton akan membentuk tim kerja khusus untuk merumuskan rencana aksi berdasarkan rekomendasi yang telah dihasilkan. Tim ini akan bertugas untuk mengkoordinasikan implementasi strategi dan memastikan bahwa tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Kepala Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Muslim Buton, Afuddin La Arua SP.d., MPd, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta FGD atas kontribusi dan ide-ide yang diberikan dalam rangka memperkuat posisi UMU Buton dalam klasterisasi PTS dan Akreditasi institusi dan program studi. “Kami sangat berterima kasih atas partisipasi aktif dari semua pihak. Hasil dari diskusi ini akan menjadi dasar yang kuat untuk memperkuat kerjasama Lokal, regional, nasional dan internasional universitas Muslim Buton kita dan meningkatkan kualitas pendidikan serta penelitian,” ujar Afuddin La Arua SP.d., MPd.

Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Muslim Buton berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kerjasama Lokal, regional, nasional dan internasional dan berkontribusi pada perkembangan akademik yang lebih baik. Kami berharap langkah-langkah yang diambil dapat membawa dampak positif bagi seluruh civitas akademika dan memperkuat posisi universitas Muslim Buton di kancah internasional.

Editor, Kantor Humas UMU Buton Muhamad Firman Syah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *