Manajemen Ritel
Jurusan Manajemen Ritel adalah program studi yang fokus pada pengelolaan operasional dan strategi bisnis dalam industri ritel. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam mengelola toko ritel, rantai pasokan, strategi pemasaran, manajemen inventaris, dan pengalaman pelanggan.
Sebagaimana tingginya minat masyarakat untuk bisa belajar terkait manajemen bisnis, maka jurusan ini juga tidak kalah dibandingkan dengan jurusan manajemen bisnis lainnya.
Jurusan manajemen ritel sangat cocok untuk yang menyukai dunia bisnis. Dimana para lulusannya nantinya akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang banyak mengenai industri bisnis ritel. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk memulai karir di dunia industri ritel termasuk juga manajemen toko ritel.
Selain itu juga bisa mempelajari terkait pembelian, pemasaran serta juga memulai karir sebagai pengawas di tingkat korporasi. Tentu saja akan ada banyak bidang ilmu yang di pelajari pada jurusan ini, dan semua itu akan mengantarkan kepada jenjang masa depan yang cukup menjanjikan. Sebab ada banyak sekali lapangan kerja yang siap menanti terkait manajemen ritel ini.
Jurusan Manjemen Ritel Mempelajari apa saja
- Membangun dan menjaga hubungan bisnis dalam industri ritel.
- Mengidentifikasi dan memahami konsumen.
- Penentuan lokasi ritel.
- Strategi pemasaran ritel.
- Pengaturan barang dagangan dan kebijakan harga.
- Strategi promosi peritel.
Pengetahuan dan Keahlian
- Membuat Deskripsi Bisnis
- Perencanaan Usaha Melakukan Strategi Pemasaran
- Perencanaan Usaha Membuat Analisa Pesaing
- Rencana Operasional dan Manajemen
- Strategi pemasaran ritel
- Mengidentifikasi dan memahami konsumen
Alasan Memilih Prodi Manajemen Ritel
Prodi Manajemen Ritel Kerja apa
Prospek lulusan Manajemen Ritel dapat mengejar karir dalam berbagai bidang terkait industri ritel maupun manajemen bisnis.
Bisa memulai usaha sendiri atau bekerja di perusahaan. Berikut ini adalah gambaran peluang kerja lulusan manajemen ritel :
1. Perencana bisnis e- commerce
Perencana bisnis memiliki tugas membuat dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa berbasis e-commerce dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi pemilik modal.
2. Business Stratup
Bisa menciptakan jenis usaha berbasis teknologi yang mampu bersaing dalam dunia usaha, memulai bisnis, mengembangkan bisnis dan sukses menjadi pengusaha online maupun offline
3. Marketing Executive
Bertugas membuat dan mengembangkan strategi marketing suatu brand atau pun perusahaan. Nantinya, strategi marketing tersebut perlu dipresentasikan atau dibagikan pada stakeholders, dengan harapan untuk dapat membantu kemajuan bisnis perusahaan.
4. Sistem Analis
Bertugas melakukan analisis sistem, merancang sistem kemudian diimplementasikan pada Perusahaan serta bertanggung jawab terhadap hasil yang ingin di capai oleh Perusahaan